Logo Gunadarma

Kamis, 14 Januari 2010

Metodologi Siklus Hidup Sistem

Siklus hidup sistem adalah proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer. Tahapan dalam siklus hidup sistem adalah perencanaan, analisis, perancangan, penerapan/implementasi, dan penggunaan.

Sementara itu fungsi komite pengarah SIM adalah:
1. Menetapkan kebijakan yang memastikan dukungan komputer untuk mencapai tujuan strategis perusahaan.
2. Menjadi pengendali keuangan. Berwenang memberi persetujuan bagi semua permintaan dana yang berhubungan dengan penggunaan komputer.
3. Menyelesaikan pertentangan yang timbul sehubungan dengan prioritas penggunaan komputer.

Adapun keuntungan dari melaksanakan proyek CBIS:
1. Menentukan lingkup proyek.
2. Mengenali berbagai area permaslahan.
3. Mengatur urutan tugas.
4. Memberikan dasar untuk pengendalian.

Selanjutnya yang harus dilakukan dalam siklus metodologi hidup sistem adalah membuat Prototype. Prototpye adalah ide bagi perancang sistem maupun user potensial tentang cara sistem akan berfungsi dalam bentuk lengkapnya. Langkah membuat prototype adalah:
1. Mengidentifikasi kebutuhan user.
2. Mengembangkan prototype.
3. Menentukan apakah prototype dapat diterima.
4. Mengadakan sistem operasional.
5. Menguji sistem operasional.
6. Menentukan jika sistem oprasional dapat diterima.
7. Menggunakan sistem operasional.

Keuntungan membuat prototype adalah komunikasi antar user dan analis akan membaik. Agar analis sistem dapat bekerja lebih baik dalam menentukan kebutuhan user. Diharapkan user berperan aktif dalam pengembangan sistem supaya penerapannya menjadi lebih mudah. Selain itu spesialis informasi dan user dapat menghemat waktu dan usaha dalam mengembangkan sistem.

Prototype juga memiliki kelemahan. Misalnya apabila dalam menghasilkan prototype tergesa-gesa tidak memberikan evaluasi alternatif bagi user. Bila user begitu tertarik dengan prototype maka akan menimbulkan sesuatu yang tidak realisitis. Kemudian hubungan komputer dengan manusia mungkin tidak mencerminkan tekhnik peranccangan sistem yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar